Cara Masuk ke FIB UI 2016


Or in English: How to Get to FIB UI 2016 :)

Kepanjangan dari FIB UI: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Berikut ke-25 foto yang akan membantu kamu cara menemukan FIB UI dari Stasiun Universitas Indonesia; alias Stasiun UI!
Khususnya juga yang bingung Kopma FIB UI itu ada di mana, sih? Pokoknya buat yang belum tau, deh, cara cepat dengan jalan kaki menuju FIB UI dari Stasiun UI. Catatan, foto ini diambil di hari Rabu, 27 Januari 2016 kisaran jam 11.00 WIB.

Buat kamu yang masih baru di lingkungan ini, yuk, lah, dicek! :)

Ini pemandangan setelah kamu keluar dari Stasiun Universitas Indonesia. Kalau kamu pengen ke UI dan waktu keluar ternyata kamu nggak liat ini, buruan balik ke dalem stasiun dan naik kereta lagi, ya!

Kamu pun muter ke kiri pandangannya, dan ini adalah pemandangan selanjutnya. Tanahnya memang lebih tinggi dari jalan raya, kok.

Pandangan kamu muter lagi ke kiri. Nah, di situ ada halte bis, dan liat ada bikun alias bis kuning yang barusan lagi jalan itu? Kalo nunggu bikun, ya, kamu memang mesti nunggu di halte. Soalnya bikun pasti bakal berhenti di setiap halte, kok.

Nah, ini dia, arah menuju FIB UI lewat jalan setapak Kandang Rusa. Kenapa Kandang Rusa? Konon katanya, di situ memang ada kandang rusa dulunya, kurang tau, deh, kalo sekarang.

Saatnya nyebrang, guys! Hati-hati, usahakan kamu selalu tengok kanan-kiri sebelum nyebrang, ya!

Ini dia, kamu ambil jalan lurus setelah nyebrang tadi, ya. Kalo di sebelah kiri itu ada tempat spekun alias sepeda kuning, khusus buat mahasiswa dan dosen UI (cmiiw) aja tapinya.

Kamu jalan lurus terus, ya, dan memang di sepanjang jalan ada banyak pohon gede yang menjulang. Jadi adem, deh, pas siang-siang gini. Hehe. Tapi kalo malem emang gelap banget meski ada lampu pun, jadi sebaiknya kamu jangan lewat sendirian demi keselamatan diri, mengingat kawasan ini kawasan terbuka; atau kamu bisa juga nunggu bikun atau naik ojek di sebelah kanan dari Stasiun UI yang seingatku harganya cuma Rp 8000,- ke seluruh wilayah UI.

Yap, kamu lurus aja terus kalo pengen ke FIB UI, ya. Beda cerita kalo kamu pengen ke Fakultas Psikologi atau malah ke arah Fakultas Hukum, MUI, Balairung dan seterusnya; kamu mesti belok ke kiri daritadi, ya.

Nah, kamu jalannya mulai membelok gitu, hehe. Di sebelah kanan ada lapangan, dan kalo hari perkuliahan biasanya selalu kepake buat yang suka olahraga pastinya. Kita ngikutin jalan aja, ya.

Nah, kita mesti hati-hati pas naik tangga. Kamu jangan sambil main hape....

Wih, nyebrang lagi? Hehe, kamu hati-hati, ya! Di sini cukup rame dengan kendaraan dari kedua sisi, lho.

Wah, kamu lihat ada halte lagi! Ya, bikun emang lewat sini, kok, tapi entah yang biru atau yanh merah papan di dekat dasbornya yang langsung menuju sini, soalnya ada juga bikun yang melewati Fakultas Hukum dulu dan muterin UI hingga akhirnya bisa berhenti di halte ini; kira-kira ada sejam-an waktu yang diperlukan untuk bikun yang muterin UI dulu buat nyampe sini!

Nah, ini ada papan penunjuk arah di sebelah kanan. Kalo di sebelah kiri itu buat kamu yang mau ke FISIP, ya.

Kalo dari sini kamu ambil jalan di sebelah kanan aja biar langsung masuk ke FIB UI, biar ngga perlu nyebrang lagi nantinya.

Kamu lurus aja ngikutin trotoar, ya! Kita udah deket, kok. Tuh, ada papan Pusat Studi Jepang (Center for Japanese Studies) keliatan.

Nah, kamu bisa langsung belok kanan kalo kamu mau ke Pusat Studi Jepang atau pengen ke Gedung X yang ada di sebelah kiri dan berlantai empat itu.

Ada papan lagi, nih! Yup, kita sudah dekat~~

Ini buat mereka yang naik motor atau mobil lewat sini, tapi khusus dosen dan karyawan FIB UI aja kalo kata papan di situ. Kamu bisa nanya ke satpam di sini biar lebih jelas, ya.

Ini papannya biar kamu lebih jelas aja sekilas.

Nah, kamu bisa, sih, jalan kaki masuk ke area parkir mobil di sebelah kanan dari foto ini buat masuk ke FIB UI. Tapi, di sini aku lurus aja, ya. Btw, di sebelah kiri kalo lagi hari perkuliahan biasanya ada Mie Ayam Sengketa, hehe.

Setelah lurus dan ngikutin jalan, akhirnya kamu ketemu juga sama gapura FIB UI!

Ini gambarnya dari deket. Kamu liat ada semacam patung candi gitu, ya? Maaf kalo nyebutnya salah, tapi dibuatnya patung candi itu kemungkinan besar untuk menunjukkan salah satu kebudayaan Indonesia juga mengingatkan kita ada jurusan Arkeologi dan Sejarah di FIB UI ini.

Ini namanya lorong Gedung II (dua) yang lantainya berwarna merah kejinggaan, entahlah, yang pasti ada satpam yang berjaga di situ. Kalo kamu ada yang ingin ditanyakan tentang FIB UI, bisa tanya-tanya sama mereka. :)

Buat kamu yang pengen ke Kopma FIB UI, masuk aja terus lurus dari lorong yang tadi, dan kita bakal ketemu pemandangan ini. Ikutin jalan aja, ya, jangan belok ke kanan, hehe.

Nah, ini dia Gedung IX (sembilan). Di sebelah kanannya ada Gedung VII (tujuh) tempat sebagian dosen sekaligus tempat diluarnya di mana anak sejarah ngumpul. Di dalam Gedung IX ada auditorium di sebelah kiri yang biasanya tiap hari kamu bisa nemu ada acara di sini, hehe, dan setelah masuk ke dalamnya, tepatnya di sebelah kanan, ada Kopma FIB UI! Kalau ruangan yang penuh kaca di sebelah kanan (dari luar liatnya) itu namanya Himaja, maaf kurang tau kepanjangannya.... Buat kamu yang pengen ke Kopma FIB UI, silakan masuk sendiri, ngga perlu foto dalemnya juga, ya. Hehe!

Kamu sudah sampe dengan selamat, kan? Hehe. Oh ya, pos blog ini dibuat semata-mata agar kamu-kamu yang ingin pergi ke FIB UI khususnya Kopma FIB UI untuk pertama kalinya dari Stasiun UI lebih mudah mencapai tujuan. Perlu diingat, terkadang yang namanya foto sekarang belum tentu sama persis dengan keadaan besoknya, ya. Dan, kalo kalian masih nyasar juga, jangan segan untuk bertanya! Asal sopan dan jelas nanyanya, pasti yang ditanya ga bakal gigit kamu, kok. Oh iya, jangan nyampah juga di sini, soalnya tempat sampah banyak. Beneran, deh! Mending kamu simpen dulu sampahnya sebelum ketemu tempat sampah, ya, malu lah sama orang asing yang sering lalu lalang di sini! Hehe.

Oke, sekian dulu, ya, kawan-kawan. Semoga bermanfaat! :D


Komentar